abrar aziz

"Jadilah orang yang benar-benar hidup, bukan sekedar bernafas ..."

Senin, 17 Maret 2008

Transformasi Islam untuk Pembebasan

Diposting oleh abrar aziz


Islam tumbuh dalam rentang waktu dua puluh tiga tahun. Hal ini menunjukan bahwa Islam mengalami transformasi dalam pembentukan dan perkembangannya. Kita dapat menyaksikan bagaimana Islam yang awalnya hanya sebagai sebuah gerakan keagamaan kemudian menjelma menjadi sebuah gerakan sosial politik pada periode berikutnya, serta dari agama perkotaan (periode Mekkah dan Madinah) menjadi agama yang menyebar luas pada masyarakat desa.



Transformasi Islam tersebut terus berkembang seiring dengan perjalanan waktu. Hingga kini, transformasi Islam terus terjadi dalam berbagai bentuk. Wahabisme misalnya, gerakan ini mencoba melawan modernisme dengan melarikan diri kepada teks sebagai satu-satunya sumber legitimasi. Ajaran ini sangat tidak bersahabat dengan misitisme dan intelektualisme. Menurut mereka, umat Islam wajib kembali kepada pemahaman Islam yang sebenar-benarnya melalui interpretasi harfiah terhadap teks. Mereka menolak pengetahuan humanistik, apalagi menafsirkan teks dalam perspektif sejarah.

Transformasi Islam terus berkembang dengan munculnya gerakan salafisme. Gerakan yang dipelopori Muhammad Abduh, Al Afghani, dan Rasyid Ridho ini secara umum hampir mirip dengan Wahibisme. Hanya saja mereka lebih toleran terhadap perbedaan pendapat. Para penganut salafi mangidealkan zaman keemasan masa Rasulullah dan sahabat. Yang membedakannya dengan wahabi adalah, bahwa mereka didirikan oleh kaum nasionalis muslim yang menafsirkan kembali modernisme melalui teks-teks orisinil sehingga mereka tidak anti-Barat.

Transformasi Islam di Indonesia

Sebagaimana perkembangan Islam di Timur Tengah, Islam di Indonesia juga mengalami perubahan menuju format idealnya. Namun Islam di Indonesia sampai saat ini belum juga menemukan bentuk ideal yang mampu membawa bangsa ini menuju kesejahteraan. Bahkan yang terjadi adalah konflik yang berkepanjangan. Banyaknya variasi gerakan Islam membuat umat Islam di Indonesia kebingungan dan senantiasa dihantui rasa takut karena banyak konflik yang terjadi antara sesama muslim. Fenomena saling menyesatkan serta fatwa-fatwa yang memicu terjadinya konflik membuat wajah Islam menjadi semakin “mengerikan”.

Arah transformasi Islam menjadi semakin memprihatinkan dengan munculnya keinginan yang mengarah kepada formalisasi syari`at Islam. Keinginan ini muncul akibat kekecewaan terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat yang sangat menyedihkan. Barangkali inilah yang disebut Jurgen Habermas dengan krisis lagitimasi. Dimana terjadi ketimpangan antara kebutuhan akan motif-motif yang dikukuhkan oleh negara, sistem pendidikan, dan sistem dunia kerja di satu pihak, dan motivasi yang didukung oleh sistem sosial budaya di pihak lain telah melahirkan motivasi untuk menjadikan tuntutan norma-norma secara formal.

Selain itu, tuntutan yang besar terhadap formalisme agama merupakan akibat dari perasaan yang mendalam berupa kekalahan dan keterasingan dari cengkraman gurita kapitalisme. Hal ini membuat kebencian terhadap kapitalisme, yang diwakili oleh Barat, semakin besar. Akibatnya, sebagian umat Islam beranggapan bahwa apapun yang datang dari Barat adalah kafir dan satu-satunya jalan untuk melawan semua itu adalah penegakan syari`at Islam secara formal.

Kecenderungan formalistik ini membuat semangat pembebasan Islam menjadi redup. Hal inilah yang membuat gerakan Islam di Indonesia mengalami kemunduran. Islam tidak mampu menjadi rahmat bagi seluruh umat manusia, tapi hanya bagi mereka yang memiliki kesamaan pandangan saja. Kita kemudian lupa bahwa misi Islam adalah misi kemanusiaan yang membebaskan manusia dari kemiskinan, keterbelakangan, dan penindasan.

Fenomena ini kemudian membuat umat Islam semakin hari semakin jauh dari nilai-nilai luhur Islam itu sendiri. Sebagian kita menganggap orang lain sebagai musuh hanya karena perbedaan pandangan keagamaan. Bagaimana mungkin orang yang mengaku beragama berani melakukan pemboman di tempat keramaian dan melenyapkan ratusan nyawa yang belum tentu berdosa? Kenyataan ini diperparah dengan adanya kelompok yang merasa dirinya paling shaleh dan yang lain sesat, ada kelompok yang merasa paling rasional dan yang lain dianggap kolot, dan ada juga kelompok yang merasa berhak mewakili Tuhan sehingga memiliki wewenang untuk memvonis siapapun yang berbeda pandangan dengannya. Sebuah pandangan yang jauh dari nilai-nilai luhur keislman.

Misi Profetis Islam

Ketika melaksanakan haji wada`, Rasulullah menyampaikan sebuah pidato yang sangat penting. Beliau menyampaikan bahwa turunnya wahyu secara umum memiliki tiga tujuan: pertama, untuk menyatakan kebenaran. Kedua, untuk berperang melawan penindasan dan katiga, membangun ummat yang didasarkan kesetaraan, keadilan, dan kasih sayang. Senada dengan itu, dalam al Quran juga disebutkan tiga prinsip dasar Islam, yaitu; humanisasi (kemanusiaan), liberasi (pembebasan), dan transendensi (QS. Ali Imran 110). Tiga elemen dasar inilah yang harusnya menjadi semangat keberislaman kita.

Disinilah perlunya kita menyingkirkan sikap-sikap pragmatis dalam memahami teks sehingga pemahaman kita tidak hanya berkutat pada penafsiran teks. Pandangan yang tertutup dalam memahami teks hanya akan membuat Islam terkesan bengis dan sangar serta akan memperkuat stigma buruk terhadap Islam. Misi Islam sebagai agama pembebasan menjadi terkaburkan. Yang lahir justru penjajah-penjajah baru yang merasa berwenang menghakimi “kelompok lain”.

Islam harus benar-benar ditempatkan sebagai agama kasih sayang (rahmat) agar bisa manampakkan wajah yang sejuk dan damai. Keyakinan kita akan kekuasaan Allah harus diikuti dengan kesungguhan dalam menerjemahkan perintah Allah untuk mengasihi sesama manusia, bahkan mengasihi musuh sendiri sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah. Perbedaan yang terjadi adalah cara Allah untuk menguji kita terhadap pemberian-Nya. Bahkan dalam al Quran dikatakan “Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umay saja, tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu. Maka berlomba-lombalah dalam berbuat kebajikan. Hanya Allah-lah tempat kembali kamu semua, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu (QS. Al Maidah 48).

Terakhir, mari kita mulai membangun kesadaran dengan spirit transformasi dari pemahaman yang literal menjadi pandangan yang terbuka, humanis, santun, dan tentu saja religius. Kemerosotan umat Islam hanya bisa diatasi jika masing-masing kelompok mampu bersikap ramah satu sama lain. Perdebatan tentang mana yang sesat dan mana yang benar paling benar hanya akan membuat kita letih sehingga persoalan umat yang lebih besar, yaitu penindasan, kemiskinan, dan keterbelakangan menjadi terabaikan. Agama harus dijadikan spirit bagi kita dalam memperjuangkan nilai-nilai kemnusiaan menuju Islam yang membebaskan.



1 komentar:

aaqir mengatakan...

tulisan penulis sangat bagus dan memang islam mengajarkan hal yang membawa kasih sayang kepada semua alam semesta, menulak tindakan sparadis dak berbau kekerasan. Namun penulis tanpaknya tidak setuju dengn formalisasi syariat islam, karena formalisasi dinilai semakin mempesempit ruang kebebsan. saya melihat bahwa formalisasi syriat islam pada masa rasulullah saw justru membuka kebebsana yang lebih teratur dan terarah serta terkontrol oleh nilai aturan yng teformat. saya menilai bahwa kebebasan tanpa aturan atau tanpa batas sebagaimana yang di klaim oleh kaum sekuler justru membawa menusia tenggelm pada nilai yang sangat menyeramkan. dan sekarang manusia sering di hantui oleh wacana formalisasi syariat islam. saya lihat bahwa itu kerena kesalahn merek menilai islm, sehingga formalisasi ini kerap menghantui ummat islm indonisia. kita tidak pernah menyakan dan terpikirkan selama ini yaitu tidak di tegakkannya syariat islam, manusia sering tidak manentu dan kacau balau. ini mennadakan keran aturan Allah yang sejatinya di formalisasikan oleh manusia sebagai khalifh terabaikan. sekali penulis peka jngan terlena dengan wacna sekuler, liberal, harus mengkaji secara serius tanp meliht kecendrungan kepada suatu kelompok, biar menghasilkan pemahaman yang baik dan cermat.